Ternyata, Terlalu Banyak Tidur Itu….

Sudah lebih dari seminggu aku meyakinkan diri sendiri kalau aku bisa bangun pagi tanpa melanjutkan tidur sedetik pun! Dengan semangat lebih dari 45%, aku bilang pada seluruh penghuni rumah–kecuali Mama karena beliau sudah meninggalkan rumah pagi-pagi sekali–kalau aku tidak akan tidur lagi dan mampu bertahan hingga siang hari. Aku membuat diriku sibuk. Memberi makan kucing-kucingku, mencuci piring, membaca koran, membaca komik-komik biografi… Dan berakhir melakukannya di kamar. Aku sedang membaca komik biografi Galileo Galilei, ketika aku sadar kasur terasa semakin empuk. Kepala kuletakkan di atas bantal lalu aku pun membaca sambil tiduran. Aku tidak ingat kapan persisnya aku tertidur, tiba-tiba jam dindingku menunjukkan pukul 11.15!! Mozart, kucingku, seperti berusaha membangunkanku. Tetapi, justru keisengannya membuatku makin terlelap hingga…. 12.15.

Aku memang bangun dalam keadaan super tenang, tetapi dalam hati aku marah sekali karena aku tidak mampu menaklukkan diriku sendiri. Berulang kali aku mencoba untuk tidak tidur lagi setelah bangun, berulang kali aku meyakinkan diriku bahwa tidur sendiri di kamarku tidak akan membuatku menghilang dari ruangan, berulang kali aku meyakinkan diriku untuk langsung berolahraga setelah setengah jam bangun tidur. Aku belum–bahkan mungkin tidak–melakukan semua itu dengan benar.

Namun, artikel-artikel tentang tidur yang kubaca hari ini –mudah-mudahan– langsung membuka mataku dan pastinya akan membuatku melakukan perubahan mulai besok! Kalian, yang juga hobi melanjutkan tidur setelah bangun sepertiku, lebih baik membaca ini juga demi…. ihik…. kesehatan kita semua!! Di samping alasan bahwa melanjutkan tidur itu MEMANG kebiasaan buruk.

Dari yahoo.com , aku membaca dan mengkhayati dengan cermat setiap kata yang terkandung di dalamnya mengenai bahaya kesehatan yang mengintai seseorang yang tidur lebih dari 9 jam. Here are the complications you might have :

1. Diabetes                           : Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang tidur lebih dari sembilan jam sehari berisiko 50 persen lebih besar terkena diabetes dari mereka yang tidur secara teratur selama tujuh jam per malam.

2. Kegemukan/obesita   : Orang-orang yang tidur selama 9-10 jam per malam, berisiko kegemukan 21 persen lebih besar dari mereka yang tidur selama 7-8 jam.

3. Sakit kepala             : Banyak tidur memengaruhi kerja neurotransmitter otak yang juga memengaruhi hormon serotonin dalam otak. (Sering, kan mengalami pusing setelah kelamaan tidur? Ini bisa berarti bahwa kerja otak kita yang sudah beristirahat terlalu lama ‘memberontak’ untuk bisa melakukan pekerjaan lain, untuk beraktivitas kembali. Rasa pusing ini memengaruhi aktivitas dan mood kita seharian, lho!!)

4. Penyakit jantung          : Penelitian oleh Nurses Health Study menemukan bahwa wanita yang tidur 9-11 jam memiliki risiko 38 persen lebih tinggi menderita penyakit jantung.

Aku pernah baca bahwa risiko ini mengintai kita karena kelamaan tidur membuat ritme pergerakan jantung jadi tidak teratur sehingga membuat peredarah darah tidak lancar karena tubuh kita tidak melakukan apa-apa selain bergerak kecil dalam tidur atau bermimpi, alias pasif. Pernah, kan merasakan deg-degan ketika kamu sudah tidur terlalu lama? Itu pertanda yang tidak bagus buat tubuh kita.

5. Kematian                         : Ini, nih akibat yang paling mengerikan. Kita bisa mati karena kebanyakan tidur! Oh, Gosh! Tidur selama 9 jam atau lebih juga mampu membuat kita meninggal dini. Jam tidur yang panjang diyakini sebagai indikator gangguan kesehatan.

Sebuah studi yang dilakukan Warwick Medical School tahun 2007 menunjukkan tidur terlalu banyak dapat meningkatkan risiko kematian dini akibat penyakit jantung. Seperti sudah dibahas di atas, aktivitas jantung kita sangat berpengaruh dari jam tidur kita. Kepasifan gerak tubuh dan kurangnya olah raga adalah pemicu utama berbagai masalah jantung karena peredarah darah yang kurang lancar, beragam penyakit pun akan muncul. Bagaimana peredaran darah mau lancar kalau badan kita tidak aktif, kan?

Risiko lain yang mungkin terjadi jika kita kurang tidur adalah sakit punggung. Setelah berbaring selama berjam-jam, pastinya punggung kamu bakal berasa nyeri dan pegal. Jika punggung sudah terasa nyeri dan pegal, disarankan untuk segera berdiri dan mulai aktif bergerak. Melakukan pemanasan atau olah raga-olah raga kecil lainnya dapat membantu menghilangkan nyeri dan pegal di punggung. Akan lebih baik kalau kamu tidak harus menunggu sampai punggungmu nyeri dulu baru mulai beraktivitas.

Kebanyakan tidur, selain memengaruhi kesehatan, juga memengaruhi mood swing bahkan kecantikan kamu, para cewek! Dan kegantengan kamu, para cowok! Here are the bad things that will happen to you because of oversleeping :

1. Sleep apnea    : Akan aku jelaskan secara singkat mengenai sleep apnea ini. Sleep apnea adalah gangguan tidur dimana seseorang berhenti bernapas untuk sesaat karena dinding tenggorokan cenderung berhenti beraktivitas ketika kita dalam keadaan santai (tidur) yang dapat menyebabkan meningkatnya kebutuhan tidur sehingga membuat siklus normal tidur terganggu. Orang yang menderita sleep apnea ini bisa terbangun seketika untuk bernapas.

2. Narcolepsy     : masalah neurologis yang menyebabkan tidur berlebihan, memengaruhi bagian- otak yang mengatur tidur. Penderitanya akan sulit mendeteksi dan membedakan waktu tidur dengan waktu terjaga. Jadi, penderita dapat tertidur di mana dan kapan saja.

3. Stress dan depresi : Sudah jelas banget ya kalau tidur amat berpengaruh pada kondisi kejiwaan seseorang, terutama dalam mengatur mood. Stress dan depresi ini selain berpengaruh terhadap jiwa dan kestabilan pemikiran kita, juga berpengaruh terhadap kecantikan dan kegantengan wajah kita. Kalau kita terlalu sering mengalami stress, otomatis urat-urat tubuh kita sering tegang dan membuat perubahan-perubahan yang membuat kita terlihat lebih tua dari umur seharusnya. Oh-My-GOD!!

sleepy cartoon

4. Kelelahan        : Aktif sih boleh, tapi perhatikan kondisi kesehatan kita itu perlu biar badan kita selalu ready untuk beraktivitas setiap saat. Aktif bukan berarti tidak istirahat, lho. Dengan istirahat, kita dapat mengembalikan stamina tubuh kita yang terkuras untuk melakukan olahraga, kerja, belajar, main, dan lain-lain. Kelamaan istirahat juga tidak bagus, seperti halnya kebanyakan tidur. Pandai-pandai saja mengatur waktu antara beraktivitas dengan beristirahat. Kalau kita kelelahan —I mean, reaaaally exhausted— kita cenderung akan tidur lebih lama, bahkan lebih dari sembilan jam demi membuat tubuh segar kembali. Ini jelas salah. Kebanyakan tidur justru bikin kita makin capek, bahkan lebih tidak stabil.

Bagaimana dong cara mengatur waktu tidur kita agar porsinya pas dan nggak bikin badan sakit? Tenang. Dari beberapa sumber dan pengalaman pribadi (ciee!), aku kasih tips-tips yang bisa membuat kamu tidur dengan nyenyak dan lebih teratur, tanpa harus keluar biaya, dan Insya Allah penerapan yang gampang banget :

1. Pilih nada atau suara alarm yang tepat. Sering kesal karena bunyi alarm yang kamu pasang itu mengganggu banget? Coba berbagai jenis nada dering dan pilih yang sesuai dengan kamu, pastinya yang tidak terlalu ribut dan heboh saat membangunkan kamu yang justru bakal bikin kamu sakit kepala.

2. Jangan tergoda untuk tidur ringan atau snooze setelah terbangun. Ingat, nih!

3. Pertahankan jadwal tidur secara teratur.

4. Kalau bisa, kurangi atau hilangkan sama sekali kebiasaan tidur siangmu. Bagi yang terbiasa tidur siang, atur agar tubuhmu terbiasa tidur siang hanya 30 menit-1 jam setiap hari. Usahakan agar kamu tidak terlalu sering tidur siang agar badan kamu mudah letih dan mengantuk jadi lebih gampang tidurnya.

5. Berkonsultasilah dengan dokter jika masalah tidurmu sudah kronis.

6. Berolahraga kecil. Olahraga kecil-kecilan –tidak perlu angkat beban– bisa membuat rileks badan kamu saat tidur sehingga tidurmu lebih nyenyak.

7. Minum susu hangat. Kehangatan dan aroma susu yang enak bisa menenangkan pikiran sehingga kualitas tidurmu pun meningkat.

8. Jangan makan makanan berat! Disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan berat –terutama yang mengandung karbohidrat seperti nasi, roti, sereal– dua jam sebelum tidur. Perut kenyang bisa bikin susah tidur, bahkan jika kamu memaksakan tidur, besoknya kamu merasakan kram di perut kamu.

9. Jangan menonton sebelum tidur! Sederhananya, sih kamu bakal penasaran dengan kelanjutan film dan merasa sayang untuk melewatkannya. Pikiran kamu akan sibuk mengolah infomasi tersebut dan praktis menghambat kamu untuk tidur.

10. Cuci muka, kaki, dan tangan. Biar kulit kamu tetap fresh hingga besok paginya. Dan lagi, tidur dalam keadaan wajah kotor, tangan dan kaki berdebu itu juga tidak nyaman, kan? Mencuci muka dengan facial foam sebelum tidur akan mengangkat kotoran yang menempel di wajahmu setelah seharian beraktivitas yang dapat menghambat pori-pori kulit, juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati.

11. Tenangkan pikiran. Kalau bisa dan memungkinkan, selesaikan dulu semua tugas-tugas yang bisa membuat kamu kepikiran dan terbebani. Kalau pikiran kamu tidak tenang saat tidur, dikhawatirkan malah bikin kamu terjaga tidak karuan yang memengaruhi mood kamu esok harinya dan bikin kamu pusing seharian.

12. Last but not least, berdo’a. Agar kamu tidur dalam perlindungan dan penjagaan Tuhan, batin kamu akan merasa tenang karena secara tidak langsung kamu berserah diri pada Tuhan dalam tidurmu dan meminta agar dirimu dijaga dari hal-hal yang tidak baik.

Well, guys! Inilah yang bisa aku bagi sama kalian tentang masalah-masalah tidur, penyakit-penyakit, dan pencegahannya. Agak panjang, sih. Semoga bermanfaat bagi kalian yang susah mengatur waktu tidur biar lebih melek sama kesehatan kamu! Dijamin nggak ada lagi insomnia atau galau atau apapun yang mengganggu tidur kamu. Jaga kualitas tidur kamu dan jadilah pribadi yang sehat!!

Nah, sekarang biarkan aku tidur, ya. Semoga pikiranku nggak kacau dengan aku tidur jam segini! Well, semoga tips-tipsku bisa bermanfaat buat kalian! Tell me what you feel after following my steps. Glad to hear from you! =D

Selamat tidur!

cartoon-sleeping5219648-343334-sleeping-cartoon-moon

Love,

Yuri

N.B   : Oh, tidak! Mozart dan Beethoven bangun! Tidurkuuuu!!

About Ayuri

A not-so-elegant, classic girl, who loves writing, reading, dreaming (unlike daydreaming coz it's not good for me), and debating with my brother. I think I can see this world better if I ever experience something somewhere. By my own.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s