The Truth Will Be Revealed

Judul Buku  : The Thirteenth Tale

Penulis        : Diane Setterfield

Penerbit      : PT Gramedia Pustaka Utama

Harga          : (maaf, aku lupa)

Tahun          : 2006

Tebal           : 608 halaman

Image

Vida Winter adalah seorang penulis ternama di Inggris, yang berkepribadian tertutup dan jarang mengungkapkan identitasnya di depan umum. Dia telah menulis banyak buku yang alur ceritanya begitu sempurna sehingga banyak orang mengira bahwa sebagian besar ceritanya merupakan refleksi dari masa lalunya. Namun, sayang, Winter tidak pernah mengungkapkan secara gamblang tentang darimana datangnya inspirasi untuk menulis semua cerita-cerita itu. Tidak ada satu pun jurnalis maupun penulis biografi yang berhasil membuka tabir di balik kisah-kisah yang ditulisnya.

Ceritakan kepadaku yang sesungguhnya” adalah sebaris kalimat yang sungguh mengganggunya. Kalimat itu ditulis di dalam sebuah surat yang penulisnya mengaku berasal dari surat kabar Banbury Herald, yang sangat penasaran tentang bagaimana masa lalu Winter sesungguhnya. Karena hal inilah, akhirnya Winter tergelitik untuk mengungkapkan kisahnya, hanya pada seseorang. Seseorang yang sangat terpilih dan tidak diduga sama sekali.

Margaret Lea adalah seorang gadis anak pemilik sebuah toko buku yang mengoleksi buku-buku tua. Kecintaannya pada buku sering membawanya tenggelam berjam-jam di dalam perpustakaannya untuk membaca banyak novel bahkan hingga berulang kali. Hobinya menulis biografi orang-orang terkenal yang sudah tiada. Ketika dia diminta oleh Winter untuk menuliskan biografinya, Margaret Lea kaget bukan main. Hanya karena dia pernah menulis biografi yang sangat menarik tentang seseorang, Winter mempercayainya untuk menuliskan biografi dirinya, megungkapkan kisah-kisah masa lalunya, hanya padanya!

Sesungguhnya, Lea hanyalah seorang penulis biografi amatir yang tidak begitu punya nama. Apa haknya dia menulis cerita tentang seseorang yang sangat terkenal di Inggris, yang bahkan pengungkapan misteri di balik masa lalunya yang dilakukan oleh orang-orang terbilang sulit? Lea akan menjadi saksi sebuah kebenaran besar, bukan dari orang yang sudah mati, dia masih hidup. Melegenda, tetapi hidup.

Perjalanan menuju tempat tinggal Vida Winter membuatnya menyusun pertanyaan panjang tentang siapakan sebenarnya Miss Winter, dan alasan mengapa dia yang terpilih untuk menuliskan kisah-kisahnya. Margaret Lea lebih terkejut lagi ketika, dalam perjalanan menuliskan kisah-kisah si penulis besar, dia justru mampu mengungkapkan kisahnya sendiri. Kenyataan yang sangat pahit.

Ceritakan padaku yang sesungguhnya.” Kalimat yang sangat menganggu, tetapi harus dijawab demi menghapus rasa bersalah di masa lalu yang jelas-jelas tidak mungkin bisa diperbaiki.

***

Alur cerita yang begitu menarik dan menampilkan kesan misterius di setiap lembarnya membuat pembaca bertanya-tanya apa yang akan terjadi pada si tokoh utama, yaitu Margaret Lea, selanjutnya. Kisah-kisah menarik Miss Winter juga membuat penasaran di setiap babnya, membuat pembaca tidak akan sabar menanti seperti apa kelanjutan kisah penulis misterius yang tiba-tiba ingin mengungkapkan masa lalunya yang begitu kelam.

Kejutan-kejutan tersaji secara rapi dan tampak ‘terjadwal’ dan diletakkan secara tepat di setiap babnya. Tidak ada yang terlewatkan, seluruh pertanyaan pembaca akan terungkap di akhir halaman.

Kisah-kisah Vida Winter yang tidak biasa namun ajaib membawa pembaca ikut tenggelam di dalam setiap cerita yang disampaikan oleh Miss Winter yang lebih sering menggunakan sudut pandang orang kedua dibandingkan sudut pandang orang pertama, aku. Pembaca diajak untuk ikut hanyut dan merasakan sendiri perasaan yang dibawa oleh Miss Winter di setiap ceritanya, tanpa kebohongan terselip di dalamnya. Semuanya nyata, semuanya begitu indah, dan juga menyeramkan.

Penggambaran latar yang begitu bertele-tele membuat pembaca sulit membayangkan seperti apa rumah Angelfield sebelum terbakar. Lokasi lain seperti hutan, jalan sepanjang perjalanan di kereta bisa dibayangkan dengan mudah karena penggambarannya begitu umum.

Bagi kamu yang suka novel misteri yang tidak terlalu berat dan penuh teka-teki, buku ini bisa memuaskan rasa hausmu akan misteri yang ternyata tidak ada habisnya untuk dibahas. Dengan pemecahan masalah yang tidak terduga dan keterkaitan antar tokoh yang tidak bisa kamu bayangkan sama sekali. Buku unik yang membuat kita sendiri bisa bertanya-tanya, apakah kita sendiri punya cerita unik? Yang tidak seorang pun pernah memberitahu karena suatu hal? Kalau ada, seperti apakah kisah itu?

Ceritakan kepadaku yang sesungguhnya.” Karena, ketika orang lain yang menceritakannya, bisa saja cerita itu sudah dibumbui hal yang tidak benar sama sekali.

***

 

About Ayuri

A not-so-elegant, classic girl, who loves writing, reading, dreaming (unlike daydreaming coz it's not good for me), and debating with my brother. I think I can see this world better if I ever experience something somewhere. By my own.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s